Senin, 14 Januari 2013

Membuat diagram Pareto menggunakan Microsoft Excel

Apa itu diagram Pareto? Diagram Pareto adalah serangkaian seri diagram batang yang menggambarkan frekuensi atau pengaruh dari proses/keadaan/masalah. Diagram diatur mulai dari yang paling tinggi sampai paling rendah dari kiri ke kanan. Diagram batang bagian kiri relatif lebih penting daripada sebelah kanannya. Nama diagram Pareto diambil dari prinsip Pareto, yang mengatakan bahwa 80% gangguan berasal dari 20% masalah yang ada.

Diagram Pareto sudah lama digunakan dalam quality management tools, sebagai alat untuk menginvestigasi data-data masalah yang ada kemudian dipecahkan ke dalam kategori tertentu, sehingga dapat diketahui frekuensinya untuk setiap kejadian/proses. Dengan pareto, anda dapat mengantarkan sejumlah data ke dalam bentuk yang lebih baik dan terbaca lebih mudah, sehingga dapat diambil kesimpulan dan prioritas penyelesaian tugas. (sumber definisi Pareto)

Mengingat diagram Pareto ini sangat dibutuhkan di dunia kerja, disini saya akan mencoba membahas cara membuat diagram Pareto menggunakan Microsoft Excel (dalam hal ini saya menggunakan Microsoft Excel 2010). Diagram ini mungkin tidak akan ditemui di pelajaran sekolah, kursus komputer, bahkan mungkin perguruan tinggi. Oleh karena itu mari kita belajar bersama-sama di blog ini :) 

Langkah pertama buat tabel yang akan kita buat paretonya. Di sini saya mengambil contoh tabel pengeluaran rata-rata perbulan : 


Urutkan pengeluaran mulai dari pengeluaran yang terbesar ke pengeluaran terkecil. Buat tabel persen (%) pengeluarannya, rumusnya (besar pengeluaran / jumlah keseluruhan pengeluaran) dijadikan dalam bentuk persen (%). Kemudian buat tabel %kumulatif (kum%), rumusnya (%pengeluaran + kum% pengeluaran sebelumnya) sehingga nanti akan mendapatkan hasil 100% di akhir penghitungan.

 

Sekarang memasuki tahapan membuat diagram. Blok kolom Jenis Pengeluaran, Biaya, dan %kum. Kolom % tidak di blok. Kemudian insert diagram, pilih jenis diagram 2-D stacked column.


Akan menghasilkan diagram seperti ini :

 
Klik kanan pada series kum% yang berwarna merah seperti gambar diatas, disini butuh ketelitian karena series kum% terlihat kecil sekali di diagram tersebut.

 

Pilih Format Data Series, di menu Series Option pilih Secondary Axis setelah itu diagram akan berubah seperti di bawah ini :


Klik kanan pada series kum% yang berwarna merah seperti gambar diatas, pilih Change Series Chart Tipe. Ganti dengan Line Diagram with marker.

 

Sekarang kita akan merapihkan primary axisnya, caranya klik kanan pada primary axis seperti gambar diatas. Di menu Axis Option, pilih fixed minimum dengan nominal "0", dan fixed maksimum dengan nominal "2900000". Nominal "2900000" sesuai dengan jumlah keseluruhan pengeluaran.


Sekarang kita akan merapihkan secondary axisnya, caranya klik kanan pada secondary axis seperti gambar diatas. Di menu Axis Option, pilih fixed minimum dengan nominal "0", dan fixed maksimum dengan nominal "1". Nominal "1" disini maksudnya adalah 100%.

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan secara benar. Taraaaa.....Selamat anda berhasil membuat Pareto Diagram :)

Seperti gambar di bawah ini :

 

Kita bisa merubah Chart Layoutnya sesuai dengan keinginan kita :)


  



Selamat mencoba :)

Jangan lupa tinggalkan jejak kalian di Blog ini ^^,
Jangan lupa juga untuk mencantumkan Blog ini sebagai sumber jikalau kalian mengcopy isi dari Blog ini, Terima kasih kunjungannya :))